Manfaat sistem
informasi pemasaran, meliputi :
1.
Mengetahui apa
saja kebutuhan pelanggan
Sistem informasi
pemasran mengolah data-data pemasaran sehingga perusahaan dapat mengetahui
barang atau jasa apa yang disukai atau tidak disukai oleh pelanggan serta
kebutuhan mengenai barang atau jasa apa saja yang diinginkan oleh pelanggan.
Dengan adanya sistem informasi pemasaran yang akurat dapat dijadikan acuan
manajer atau pimpinan dalam mengambil keputusan untuk memproduksi atau
menyediakan suatu barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
2.
Mengetahui
Perencanaan Strategi yang lebih efisien dan efektif
Informasi yang
dihasilkan oleh sistem informasi pemasaran dapat digunakan untuk membuat
perencanaan dan pemasaran yang lebih efisien dan efektif sehingga membuat
perusahaan mampu mencapai sasaran pemasaran.
3.
Mengetahui
Pesaing-pesaing yang mengancam persahaan
Informasi yang
didapatkan dari sistem informasi pemasaran akan mengidentifikasikan dan
meramalkan masalah-masalah pesaing yang akan mengancam kemajuan perusahaan atau
usaha. Informasi yang dihasilkan juga dapat membantu menentukan keunggulan
bersaing perusahaan atau usaha, misalnya harga yang lebih murah ataupun
diferensiasi barang yang lebih bervariasi sehingga dapat dijadikan solusi untuk
mengatasi pesaing yang akan mengancam kemajuan perusahaan atau usaha.
No comments:
Post a Comment